Dunia Kuliah Inspirasi Lifestyle Tips dan Trik Tulisan

Tips Adaptasi di Lingkungan Kampus bagi Para Maba

Lingkungan kampus via: freepik.com

By Galih Kenyo Asti

Editor : Rifqi Rahman

Bagi kalian yang sudah lulus dari bangku SMA pasti sudah nggak sabar untuk menyambut gerbang baru yakni perguruan tinggi. Bayangan untuk bisa memakai baju bebas, jam kuliah yang nggak sama dengan jam sekolah, teman-teman baru sampai pengalaman untuk join di kegiatan yang belum pernah kalian masuki sebelumnya menjadi hal yang menyenangkan untuk dicoba. Maka dari itu persiapan yang perlu dilakukan sebelum masuk kuliah harus dipersiapkan dengan maksimal.

Nah, berikut beberapa tips yang bisa membantu kamu beradaptasi di lingkungan baru lingkungan kampus!

Akrabkan Diri dengan Teman-Teman Mulai dari OSPEK Kuliah

Akrab sejak masa OSPEK via: line.me

Ini adalah tempat pertama kamu terjun di lingkungan kampus. Berkenalan dengan kakak tingkat dan dosen, berkeliling gedung-gedung dalam kampus sampai mencari tahu fasilitas di dalamnya. Selain agenda kampus, inti dari kegiatan ini adalah saling mengakrabkan diri antar mahasiswa baru dengan yang lainnya. Dari sini kamu bisa membangun lingkaran pertemanan baru dari berbagai kota, dan ini bakal sangat membantu apabila kamu tinggal beda kota dengan orang tua. Teman seperantauan bisa berubah jadi saudara seperantauan lho.

 

Gali Informasi Seluas Mungkin

Sharing dengan kakak tingkat via: indtimes.com

Kamu nggak mau kan tersesat dalam masa-masa awal perkuliahan? Tersesat disini bukan berarti pada area kampus saja, tapi juga mengenai mata kuliah, karakter dosen sampai penyelenggaraan event atau tugas yang membutuhkan bantuan lewat pengalaman dan nasehat kakak tingkat. Untuk itu kamu perlu aktif bertanya sana sini terutama pada kakak tingkat yang kamu kenal lewat masa ospek, biasanya mereka lebih terbuka dan mudah untuk dimintai informasi mengenai perkuliahan.

Belajar Atur Keuangan

Mengatur keuangan via: idntimes.com

Menjadi mahasiswa artinya kamu harus siap belajar mengelola keuangan sendiri. Kebutuhan mahasiswa itu banyak banget; mulai dari beli buku teks, iuran, danusan, sampai urusan hang out mingguan. Keuangan akan berantakan bila kamu nggak pintar menyisihkan uang untuk setiap pos penting, kelabakan di akhir bulan karena uang habis akan jadi hal pahit dan merugikan diri sendiri. Pantau dengan baik tiap pengeluaran dan pemasukan, caranya gampang kok tinggal tulis tiap harinya berapa jumlah keluar masuknya uang.

Berusaha Aktif Dalam Kelas

Mahasiswa aktif via: duniadosen.com

Agak menantang memang, tapi sebagai mahasiswa baru ini akan memberi banyak keuntungan buat kamu. Pertama kamu akan lebih mudah dikenali oleh teman-teman sekelas, sehingga peluang kamu untuk aktif di kegiatan lain juga makin meningkat. Contohnya ada seorang teman yang merekomendasikan kamu masuk di kepanitiaan karena melihat performa kamu di kelas yang nggak mengecewakan. Wah senang kan bila dapat feedback positif seperti itu dari teman sekelas? Belum lagi bila dosen ikut mempercayaimu, kesempatanmu untuk dilirik menjadi asdos juga makin besar. Intinya berusaha menjadi yang terbaik nggak akan mengkhianati hasil.

Itu dia beberapa tips yang membantu kamu survive di lingkungan baru kampus, semoga kehidupanmu di bangku kuliah berwarna dan semarak ya! Silahkan dicoba!

Media Patner

Hosting Unlimited Indonesia

Note:

Sebagian hasil dari penggunaan layanan dan produk Starla Education akan didonasikan untuk LKSA/Panti Asuhan Roisus Shobur. | Kamu juga bisa ikut langsung berdonasi melalui kitabisa.com/pesantrensosial

KIRIM TULISAN UNTUK STARLA

Jadilah Kontributor dan Mulailah Menginspirasi!
Saatnya Kita Peduli, Berbagi dengan Karya dan Bermanfaat Bagi Sesama.